Pasar Output
Pasar Output
Pasar Output
1. Pengertian Pasar Output
Pasar output adalah pasar tempat
barang/ jasa diper-dagangkan. Pasar output atau yang biasa disebut pasar saja
merupakan tempat bertemunya permintaan dan penawaran sehingga bisa berinteraksi
untuk membentuk harga keseimbangan.
2. Struktur pasar
Struktur pasar adalah
beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tingkah laku dan kinerja perusahaan
dalam pasar. Faktor-faktor tersebut adalah
- Jumlah perusahaan yang berada di
pasar
- Skala produksi
- Banyaknya pembeli
- Biaya memasuki pasar
- Informasi mengenai keadan pasar
- Mudah tidaknya memasuki
pasar
3. Jenis-jenis
Struktur Pasar
Jenis struktur pasar dibagi
menjadi tiga jenis:
a. Pasar Persaingan
Sempurna
Pasar persaingan sempurna merupakan
bentuk sempurna sebuah pasar. Ciri-cirinya:
-Pembeli dan penjual sangat banyak.
-Perusahaan menjual produk yang
standar atau memiliki tingkat homogenistas yang sangat tinggi.
-Penjual dan pembeli memperoleh
informasi yang sempurna mengenai kondisi pasar.
-Perusahaan dan sumber daya produksi
bebas bergerak.
-Perusahaan dapat keluar dari pasar
atau masuk ke pasar dengan sangat mudah.
b. Monopoli
Pasar monopoli adalah pasar yang terdiri
dari satu penjual yang melayani permintaan yang sangat banyak dan produk yang
dijual tersebut tidak memiliki subsidi. Sebab-sebab terjadinya monopoli:
-Monopoli sumber daya
-Monopoli Ciptaan Pemeritah
-Monopoli Alamiah
c. Oligopoli (Duopoli)
Pasar oligopoli adalah
struktur pasar di mana terdapat sedikit perusahaan saja yang menjual
produk-produknya yang identik satu sama lain. Bentuk paling sederhana dari
oligopoli adalah duooli, yaitu hanya ada dua perusahaan yang berada di pasar
guna melayani permintaan konsumen. Dalam pasar oligopoli perusahaan dapat
menentukan sendiri harga produknya. Pasar oligopoli ditandai oleh beberapa
produsen yang menguasai pasar. Dalam pasar oligopoli terdapat ketergantungan
terhadap perusahaan lain. Artinya tindakan suatu perusahaan dalam pasar
oligopoli haruslah memperhatikan tindakan yang diambil oleh pesaing. Terdapat
beberapa model dalam pasar oligopoli. Yang pertama yaitu kolusi, pengertiannya
adalah persetujuan antarperusahaan dalam industri untuk membagi-bagi pasar dan
menetapkan harga. Kedua kepemimpinan harga, merupakan bentukkolusi informal
(tidak resmi) atau diam-diam yang terjadi pada ndustri yang memiliki
kepemimpinan harga.
d. Pasar Persaingan
Monopolistik
Pasar persaingan
monopolisik merupakan pasar yang nyata nyata terjadi dalam kehidupan
sehari-hari. Pasar persaingan monopolistik adalah pasar yang mengambil sebagian
lagi ciri pasar persaingan sempurna. Pasar monopolistik merupakan suatu
struktur pasar di mana terdapat banyak perusahaan yang menjual produk produk
sejenis, tetapi bervariasi berdasarkan merek.
0 komentar:
Posting Komentar